Pengertian Aplikasi, Sejarah, Jenis, Klasifikasi, dan Fungsinya

Apaitupengertian.com – Dalam dunia IT kita mengenal istilah aplikasi. Biasanya istilah merujuk pada program komputer atau smartphone. Akan tetapi sebenarnya arti aplikasi bisa lebih luas lagi. Bahkan ada sejarah panjang di balik aplikasi yang kita kenal saat ini.

Maka dari itu pada pembahasan ini kami akan membahas lebih jauh mengenai pengertian aplikasi. Tidak hanya sebatas pengertian umum dan definisi aplikasi menurut para ahli saja, namun juga akan dibahas sejarah aplikasi, fungsi aplikasi hingga jenis aplikasi yang lazim kita temui. Berikut pembahasan selengkapnya.

Pengertian Aplikasi

Aplikasi merupakan suatu komponen penting dalam sebuah perangkat seperti komputer atau smartphone. Aplikasi bisa dikatakan merupakan software yang menjadi bagian daripada komputer maupun ponsel pintar yang kita pakai setia hari.

Di zaman modern seperti sekarang ini aplikasi menjadi bagian terpenting dalam perangkat tersebut. Aplikasi ini mempunyai peran penting di berbagai bidang. Mulai dari pendidikan, hiburan, bisnis dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, sebagian aplikasi juga bisa didapat dengan biaya murah, bahkan juga gratis.

Jika melihat definisinya, aplikasi adalah program siap pakai yang bisa dipakai untuk menjalankan suatu perintah denyan tujuan mendapatkan hasil yang akurat sesuai dengan tujuan pembuatan aplikasi tersebut. Selain itu aplikasi juga bisa diartikan sebagai pemecahan masalah yang memakai salah satu teknik pemrosesan data aplikasi yang mengacu pada sebuah komputansi yang diinginkan atau diharapkan ataupun pemrosesan data yang diharapkan.

Aplikasi berasal dari bahasa Inggris, ‘application’ yang merupakan kata benda dari ‘apply’ yang berarti pengolah. Secara istilah aplikasi komputer adalah suatu subkelas perangkat lunak yang memakai kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna.

Dalam pengembangannya aplikasi dibedakan menjadi beberapa macam, yakni aplikasi desktop, aplikasi web dan aplikasi mobile. Aplikasi desktop merupakan aplikasi yang hanya bisa dijalankan pada komputer atau PC atau notebook.

Lalu aplikasi web merupakan suatu aplikasi yang hanya bisa dijalankan bila ada koneksi internet. Aplikasi ini dijalankan dengan bantuan browser atau aplikasi lain yang akan terhubung ke internet.

Sedangkan aplikasi mobile adalah aplikasi yang bisa dijalankan di perangkat mobile seperti smartphone atau ponsel pintar.

Kualitas dari sebuah aplikasi ditentukan dari beberapa faktor. Seperti bagaimana aplikasi tersebut bisa memenuhi kebutuhan penggunanya, respon instruksi dengan cepat, bisa berjalan di berbagai platform dan kebutuhan resource seperti prosesor, memori dan juga media penyimpanan yang rendah.

Selain definisi di atas, ada juga pengertian lain dari aplikasi. Yakni suatu perintah yang dieksekusi dalam memberikan petunjuk kerja dan fungsi yang diinginkan. Dimana struktur data tersebut memungkinkan program untuk memanipulasi informasi secara proporsional dan dokumen yang menggambarkan operasi dan kegunaan program.

Beberapa contoh aplikasi atau software adalah program pengolah gambar, pengolah kata, lembar kerja, pemutar media dan lain sebagainya. Suatu aplikasi yang terdiri dari beberapa aplikasi disebut paket atau suite aplikasi (application suite).

Contohnya seperti Microsoft Office dan OpenOffice.org. Kedua aplikasi ini menggabungkan aplikasi pengolah kata, lembar kerja, pembuat lembar presentasi dan beberapa aplikasi lainnya dalam satu paket.

Biasanya aplikasi-aplikasi yang ditawarkan dalam satu paket mempunyai tampilan antarmuka yang mirip sehingga memudahkan pengguna untuk mengoperasikan aplikasi tersebut.

Pengertian Aplikasi Menurut Para Ahli

Ada beberapa ahli yang mengemukakan pengertian aplikasi menurut para ahli. Anda bisa jadikan pendapat ini sebagai referensi untuk memperdalam ilmu mengenai arti aplikasi.

  • Jogiyanto

Aplikasi menurut Jogiyanto adalah penggunaan dalam suatu komputer, instruksi (instruction) atau pernyataan (statement) yang dibuat sedemikian rupa sehingga komputer dapat memproses input menjadi output.

  • Kamus Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Dalam KBBI, aplikasi diartikan sebagai penerapan dari rancang sistem untuk mengolah data yang menggunakan aturan atau ketentuan bahasa pemrograman tertentu. Selain itu aplikasi juga diartikan sebagai suatu program komputer yang dibuat untuk mengerjakan dan melaksanakan tugas khusus dari user (pengguna).

  • Wikipedia

Dalam situs Wikipedia, aplikasi merupakan suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna.

  • Rachmad Hakim S.

Aplikasi adalah perangkat lunak yang dipakai untuk tujuan tertentu, seperti mengolah dokumen, mengatur Windows, permainan (game) dan sebagainya.

  • Harip Santoso

Aplikasi merupakan suatu kelompok file (form, class, report) yang tujuannya adalah untuk melakukan aktivitas tertentu yang saling terkait, misalnya aplikasi payroll, aplikasi fixed asset, dll.

  • Ibisa

Aplikasi adalah alat bantu untuk mempermudah dan mempercepat proses pekerjaan, bukan sebagai beban bagi penggunanya.

  • Hengky W. Pramana

Aplikasi adalah suatu unit perangkat lunak yang dibuat untuk melayani kebutuhan akan beberapa aktivitas, seperti sistem perniagaan, game atau permainan, pelayanan masyarakat, periklanan, atau semua proses yang hampir dilakukan manusia.

  • Hendrayudi

Aplikasi adalah kumpulan perintah program yang dibuat untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan tertentu.

  • Yuhefizar

Aplikasi adalah program yang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan pengguna dalam menjalankan pekerjaan tertentu.

  • Eko. I & Djokopran

Aplikasi adalah proses atau prosedur aliran data dalam infrastruktur teknologi informasi yang dapat dimanfaatkan oleh para pengambil keputusan yang sesuai dengan jenjang dan kebutuhan (relevan).

  • Ali Zaki dan Smitdey Comunity

Aplikasi merupakan komponen yang bermanfaat sebagai media untuk menjalankan pengolahan data maupun berbagai kegiatan lainnya, seperti pembuatan atau pengolahan dokumen atau file.

  • Sri Widianti

Aplikasi adalah sebuah software atau perangkat lunak yang berfungsi sebagai front end pada sebuah sistem yang digunakan untuk mengolah berbagai macam data sehingga menjadi sebuah informasi yang bermanfaat untuk penggunanya dan juga sistem yang berkaitan.

Sejarah Aplikasi

Aplikasi yang kita jumpai saat ini sebenarnya menyimpan sejarah yang panjang. Di awal kehadirannya aplikasi merupakan sebuah program sederhana, hingga pada akhirnya menjelma seperti yang kita ketahui saat ini.

Aplikasi sebenarnya bersumber dari Aljabar Booelan. Booelan memakai kode binary digit (bit) yang terdiri dari dua angka, yakni on yang berarti benar dan off yang brarti salah. Pemakaian kode binary digit ini membuat masyarakat pada saat itu menyusun beberapa kelompok bit yang terdiri dari 4 bit (nible), 8 bit (byte), 2 byte (word) dan 32 bit (double word).

Kelompok-kelompok tersebut membantu software komputer pada bermacam kegiatan. Seperti merakit beberapa kode menjadi struktur instruksi. Struktur instruksinya seperti operasi logika, penyimpanan, transfer hingga membentuk kode baru yang disebut sebagai Assembler. Kode itulah yang menjadi cikal bakal untuk membuat berbagai jenis aplikasi yang bisa dipakai untuk mempermudah kegiatan manusia.

Di dalam sejarahnya, aplikasi mengalami beberapa evolusi. Pertama adalah Era Pioner. Pada awalnya perangkat lunak terdiri dari sambungan kabel antar bagian di komputer, cara lain untuk mengakses komputer dengan punched card (kartu yang dilubangi). Pemakaian komputer dilakukan dalam suatu program dengan sebuah mesin dan tujuan tertentu secara langsung.

Pada masa tersebut perangkat lunak menjadi satu kesatuan dengan perangkat kerasnya. Yang dihasilkan dari penggunaan komputer yang dilakukan secara langsung adalah print out. Proses yang dilakukan komputer terdiri dari sejumlah baris instruksi yang berurutan.

Era selanjutnya adalah Era Stabil, dimana penggunaan komputer berkembang lebih pesat, khususnya pada perusahaan dan industri. Beberapa baris perintah dijalankan secara multitasking atau serempak. Dalam era ini dikenal dengan sistem basis data yang menjadi pemisah antara data dengan program.

Pada era ini aplikasi komputer sudah mengalami kemajuan yang cukup pesat. Baris-baris perintah aplikasi komputer yang dioperasikan oleh komputer tidak lagi satu per satu, namun sudah bisa melakukan banyak proses secara bersamaan atau multi tasking. Aplikasi pada era stabil juga dapat menyelesaikan banyak pengguna atau multi user dan cepat atau langsung (real time).

Setelah Era Stabil ada Era Mikro. Dalam era ini perangkat lunak dibedakan menjadi beberapa macam. seperti aplikasi sistem (Windows, Machintosh, Lunux dan lain-lain), software aplikasi (Ms. Office, Corel, Adobe, dan sebagainya), serta bahasa pemrograman atau language software (Assembler, Delphi, Visual Basic dan lain-lain).

Era terakhir adalah Era Modern. Di mana pada era ini tidak hanya terciptanya suatu super computer yang memiliki 25 prosesor saja, namun juga perangkat lunak yang tersebar merata di berbagai tempat. Kini PC dapat disinkronkan dengan perangkat genggam. Beberapa aplikasi juga bisa dioperasikan di ponsel dengan sistem operasi Android, iOS dan lain-lain.

Di Era Modern perkembangan aplikasi komputer semakin pesat dan juga bisa diaplikasikan ke dalam perangkat lain. Kemampuan pada aplikasi juga mengalami peningkatan. Selain menangani masalah teknis aplikasi juga sudah bisa mengenal suara dan juga gambar.

Jenis Aplikasi

Aplikasi ada untuk memudahkan kegiatan kita. Maka dari itu berbagai aplikasi hadir dengan beragam fungsi yang berbeda-beda, namun dengan fungsi dasar yang sama. Ada beberapa jenis aplikasi yang bisa kita temui. Berikut jenis aplikasi yang bisa kita jumpai.

  • Aplikasi Desktop

Aplikasi desktop adalah aplikasi yang dapat dioperasikan secara offline, namun pengguna perlu menginstalnya terlebih dahulu pada komputer atau laptop. Ada cukup banyak aplikasi desktop yang bisa kita temui. Seperti Microsoft Word yang berfungsi sebagai aplikasi pengolah kata, hingga Google Chrome atau Mozilla Firefox yang berfungsi untuk mengakses internet.

  • Aplikasi Grafis

Sesuai namanya, aplikasi ini berfungsi untuk mengolah gambar ataupun membuat gambar atau desain. Aplikasi grafis bisa dibagi lagi menjadi tiga macam yakni aplikasi grafis berbasis vector, aplikasi grafis berbasis pixel/BITMAP dan aplikasi grafis berbasis tata letak.

  • Aplikasi Web Browser

Merupakan bagian dari internet sebagai komunitas jaringan komputer yang memberikan pelayanan http (world wide web). Dengan demikian, definisi teknis dari world wide web adalah semua sumber daya dan semua pengguna di intenet yang menggunakan HTTP (Hypertext Transfer Protocol). WWW adalah aplikasi yang paling menarik di Internet dan seperti email, aplikasi ini sangat penting dan banyak digunakan. Aplikasi web browser yang sering digunakan antara lain, Opera, Internet Explorer, Safari, Firefox dan Chrome.

  • Animasi

Merupakan bentuk seni yang tampak secara spontan menimbulkan gerakan kehidupan pada suatu obyek. Sebenarnya terdapat beberapa fungsi yang berbeda untuk menghasilkan animasi berbasis komputer dan satu daripadanya ialah animasi tiga dimensi (3D). Fungsi lain untuk mencipta animasi komputer ialah dengan menggunakan alat pengecatan komputer yang standar untuk mengecat frame-frame tunggal sebelum dilakukan proses penggabungan. Ini kemudian disimpan sebagai sebuah file gambar (movie).

  • Aplikasi Multimedia

Kita semua tentunya pernah merasakan jenuh pada suatu pekerjaan. Aplikasi multimedia merupakan salah satu media hiburan yang bisa kita gunakan. Jika kita ingin mendengarkan musik MP3 atau menonton film yang telah kita unduh, maka kita dapat menggunakan aplikasi ini untuk menikmatinya. Windows Media Player dan iTunes merupakan aplikasi pemutar media yang populer.

  • Aplikasi Communication

Aplikasi yang satu ini merupakan yang saat ini paling banyak digunakan dan merupakan yang paling populer. Aplikasi ini digunakan agar manusia bisa berkomunikasi dengan pengguna komputer, smartphone atau gadget lain. Contoh aplikasi communication antara lain DataFax, Carbon Copy, CrossTalk, Line, BBM, Whatsapp, dan lain-lain.

  • Aplikasi DBSM

Aplikasi DBMS (Database Management System) digunakan untuk menyimpan data, mengolah data, serta menghasilkan output berupa informasi. Aplikasi seperti ini ada yang tersedia secara gratis, namun ada juga yang berbayar. Contohnya yaitu MySQL, Microsoft Access, Oracle, Foxpro, dan lain-lain.

Klasifikasi Aplikasi

Demi mempermudah mengenal aplikasi, maka aplikasi biasanya diklasifikasikan menjadi tujuh klasifikasi macam, yaitu:

  1. System software, perangkat lunak inilah yang akan mengelola serta mengendalikan jalannya operasi internal pada sistem komputer.
  2. Real time software, yaitu perangkat lunak yang betugas menganalisa, mengamati, serta mengendalikaan kejaidan pada dunia nyata saat sedang terjadi.
  3. Business software, yaitu perangkat lunak yang digunakan untuk mengatur sistem keuangan, dimana pengelolaan uang menjadi hal yang sangat fundamental bagi sebagaian masyarakat.
  4. Engineering and scientific software, perangkat lunak ini berfungsi untuk membantu dalam pengembanan teknologi dan dalam kegiatan penelitian.
  5. Artificial intelegency software, yakni aplikasi yang digunakan untuk membantu memecahkan sebuah masalah yang bersifat non algoritmik, yang mana tidak sesuai dengan perhitungan dan analisis secara langsung.
  6. Web based software, merupakan perangkat lunak yang berfungsi untuk mengantarkan pengguna pada akses internet secara langsung.
  7. Personal computer software, perangkat lunak yang terakhir ini merupakan perangkat pengguna resmi dan juga pribadi, yang telah banyak digunakan sejak dua decade terakhir ini.

Fungsi Aplikasi

Seperti yang sudah disinggung di atas, aplikasi mempunyai beberapa fungsi. Salah satunya adalah untuk mempermudah kegiatan penggunanya. Secara spesifik aplikasi mempunyai beragam fungsi, baik di dunia pendidikan, industri dan manufaktur, bisnis dan perbankan, militer hingga kedokteran.

  • Fungsi Aplikasi dalam Pendidikan

Fungsi aplikasi dalam dunia pendidikan tentu saja untuk menambah pengetahuan. Selain itu aplikasi juga bisa bermanfaat untuk mempermudah proses belajar mengajar antara guru dengan siswanya.

Tenaga pengajar bisa memanfaatkan aplikasi sebagai bahan untuk pembelajaran. Contohnya mencari bahan untuk belajar, hingga informasi lain seperti melihat data nilai siswa, jadwal pembelajaran, beasiswa dan lain-lain. Dengan aplikasi, maka seluruh kegiatan pembelajaran bisa dilakukan dengan lebih mudah dan maksimal.

  • Industri Dan Manufaktur

Penggunaan aplikasi pada komputer ini tentu saja dapat digunakan untuk mengkoordinasi mengenai penggunaan mesin dan mengontrolnya. Hal ini dilakukan agar hasil yang diberikan memiliki kualitas dan kuantitas yang lebih banyak. Dengan demikian akan mendapatkan kenyamanan yang diberikan. Untuk mendapatkan mengenai proses yang demikian tentu saja akan meningkatkan keuntungan yang diberikan. Sehingga akan meningkatkan hasil yang diinginkan dengan memberikan format khusus tanpa mengeluarkan banyak biaya yang besar.

  • Bisnis Dan Perbankan

Didalam suatu bisnis, perlu menghitung besarnya keuntungan yang diperoleh. Jika keuntungan dihitung secara manual maka akan membutuhkan waktu yang lama. oleh karena itu diperlukannya aplikasi untuk menghitung besar keuntungan tersebut. Dalam menjalani bisnis tentu saja aplikasi komputer sangat digunakan untuk menghitung keuntungan, proses produksi dan masih banyak lainnya.

Bahkan apabila dalam bidang bisnis tentu saja aplikasi ini akan memberikan lapangan pekerjaan baru yang menghasilkan pundi-pundi keuntungan. Sedangkan untuk perbankan tentu saja akan membantu dalam memudahkan perhitungkan prosentase bunga, layanan keuangan dan masih banyak lainnya. Dengan demikian hasilnya menjadi semakin maksimal dirasakan untuk mendapatkan kenyamanan dalam mengatur segala kepentingan yang dimiliki.

  • Militer

Aplikasi juga membantu dalam kemampuan untuk mempertahankan negara dengan digunakannya untuk keperluan militer. Tentu saja akan memudahkan dalam mengembangkan dalam mengontrol pesawat, perhitungan ketinggian, mengontrol navigasi, peluru selam dan masih banyak lainnya. Dengan keamanan dan kecanggihan militer yang demikian.

Tentu saja hasilnya yang didapatkan menjadi semakin optimal sesuai dengan keinginan kita. Usahakan dalam menggunakan dalam militer pastikan penggunaannya secara bijaksana. Tujuannya tentu saja agar hasilnya menjadi semakin bermanfaat untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan sasaran dan keinginan.

  • Kedokteran

Siapa sangka adanya aplikasi yang dikembangkan khusus untuk bidang kedokteran. Misalnya saja, adanya aplikasi untuk mendiagnosa penyakit, menawarkan perawatan rutin, bahkan sampai meracik obat. Dengan demikian, kita dapat mengecek diri sendiri melalui aplikasi tersebut.

Hal ini karena dalam bidang kedokteran aplikasi ini akan digunakan dalam mendiagnosa sebuah penyakit, memilih obat yang dapat menyembuhkan dan meracik obat tersebut. Tentu saja dengan adanya bantuan yang demikian hasilnya menjadi semakin maksimal sesuai dengan keinginan kita. Mulailah menggunakan aplikasi komputer yang dimiliki tersebut sesuai dengan keinginan yang diinginkan.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan seputar pengertian aplikasi. Semoga informasi yang kami sampaikan di atas bisa menambah wawasan Anda mengenai apa itu aplikasi, bagaimana sejarah aplikasi hingga jenis aplikasi maupun fungsi aplikasi.

Leave a Comment