Pengertian Artikel, Ciri-Ciri, Jenis, Struktur dan Cara Membuat Artikel yang Benar

Apaitupengertian.com – Ada cukup banyak karya tulis yang bisa kita jumpai. Salah satu di antaranya adalah artikel. Apa itu artikel?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut berikut akan kami sampaikan lebih dalam mengenai pengertian artikel. Baik pengertian secara umum maupun pengertian artikel menurut para ahli. Tidak hanya itu saja, kami juga akan menyampaikan ciri-ciri artikel, jenis artikel, tujuan dan manfaat artikel hingga cara membuat artikel.

Pengertian Artikel

Kita awali pembahasan kali ini dari pengertiannya. Artikel adalah sebuah karya tulis yang dibuat berdasarkan fakta yang ada. Artikel merupakan karya tulis yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari saat membaca koran, tabloid hingga portal berita online.

Artikel juga bisa diartikan sebagai karangan faktual secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan dengan tujuan untuk menyampaikan fakta dan gagasan yang mendidik atau menghibur. Definisi artikel juga mencakup karangan yang dipublikasikan lewat berbagai media, mulai dari majalah, media online, koran dan lain sebagainya.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), artikel adalah karya tulis lengkap, misalnya laporan berita atau esai dalam sejarah,

Secara umum ciri-ciri artikel adalah isinya yang berdasarkan fakta. Selain itu artikel juga bersifat faktual. Artinya isi artikel harus benar-benar terjadi, tidak hanya sekedar mitos belaka.

Artikel memiliki gaya bahasa yang resmi dan menggunakan kata-kata baku. Tujuannya tidak lain agar isi artikel bisa dipahami oleh semua orang. Artikel dibuat dengan tujuan memberikan informasi yang mengedukasi, menambah wawasan dan juga menghibur pembaca.

Macam-macam atau jenis artikel terbilang beragam. Dari media tulisannya, jenis artikel bisa berupa artikel koran, artikel ilmiah, artikel majalah, artikel buletin dan lain sebagainya. Sedangkan jika dilihat dari isinya artikel memiliki lima jenis. Yakni narasi, deskripsi, argumentasi, eksposisi dan persuasi.

Pengertian Artikel Menurut Para Ahli

Selain pengertian di atas, juga ada beberapa ahli yang menyampaikan pendapat soal pengertian artikel. Sehingga informasi ini bisa Anda jadikan referensi tambahan. Berikut pendapat ahli mengenai definisi artikel.

  • The America Heritage Desk Dictionary

Artikel adalah sebuah bagian tulisan non fiksi yang berbentuk bebas dan bagian dari penerbitan, misalnya seperti laporan esai.

  • Rillan E. Wolseley

Definisi artikel menurut Rillan E. Wolseley adalah karangan tertulis yang panjangnya tak tentu. Artikel ini bertujuan untuk menyampaikan gagasan dan fakta dengan maksud meyakinkan, mendidik dan menghibur.

  • Andi Baso Mappatoto

Menurut Andi Baso Mappatoto, artikel adalah karya tulis lengkap, tulisan non fiksi dan karangan tertulis yang panjangnya tak tentu.

  • Webster’s Collegiate Thesaurus

Dalam Webster’s Collegiate Thesaurus artikel diartikan sebagai karangan, catatan, kritik, manifes, reportase, putusan, pelajaran atau survey.

  • Longman Pitman Office Dictionary

Dalam Longman Pitman Office Dictionary, pengertian artikel merupakan sebuah tulisan prosa nonfiksi, berbentuk biasa, dan bagian bebas dari sebuah majalah, koran dan lain sebagainya.

  • Essential English Dictionary

Artikel adalah tulisan lengkap dalam surat kabar, majalah, dan lain-lain.

  • Ensiklopedia Pers Indonesia

Dalam Enskiklopedia Pers Indonesia artikel didefinisikan sebagai karangan prosa dalam media massa yang membahas pokok masalah secara lugas.

  • Al-‘Aqli

Artikel adalah sebuah tulisan yang ditulis oleh masing-masing disiplin ilmu. Setiap pembahasan dikaji dan diselesaikan dengan cara tuntas, jelas dan lugas sehingga pembaca dapat mengambil intisari dari sebuah karangan yang ditulis penulis.

  • Sumandiria

Artikel adalah tulisan lepas yang berisi opini atau pendapat seseorang yang mengupas tuntas mengenai sebuah masalah yang sifatnya aktual dan biasanya kontroversial, dengan tujuan untuk mempengaruhi, memberitahukan, meyakinkan dan menghibur para pembaca.

Penulis Artikel

Penulis artikl merupakan orang atau individu yang bertugas mengarang suatu tulisan, penggabungan beberapa kata menjadi kalimat yang menarik dan enak dibaca sehingga membuat pembaca merasa bisa mengetahui apa yang sebelumnya tidak mereka ketahui. sebuah artikel berasal dari pengalaman seseorang, pengetahuan umum atau penelitian ilmiah.

Penulis artikel bisa dibagi menjadi beberapa macam. antara lain penulis artikel buku, artikel berita, artikel marketing, penulis artikel online, artikel narasi hingga penulis artikel naskah.

Ciri-Ciri Artikel

Artikel harus memiliki beberapa unsur, meliputi kata, kalimat, gaya bahasa dan isi. Unsur-unsur yang ada akan membentuk karakteristik artikel. Ada beberapa ciri-ciri artikel yang bisa kita amati, antara lain:

  • Isi artikel harus berdasarkan pada fakta yang benar-benar terjadi dan dapat dipertanggungjawabkan.
  • Menggunakan metode penulisan yang tepat dan sistematis agar informasi mudah diterima oleh pembaca.
  • Memiliki sifat faktual dan informatif berdasarkan riset dan hasil penelitian yang telah dilakukan.
  • Bahasa dan kata yang digunakan bersifat resmi dan baku.
  • Dapat mengandung opini dan analisa pemikiran, namun tetap harus dilandasi data dan teori yang valid.
  • Menggunakan ragam kalimat yang lugas, logis, denotatif dan efektif.

Jenis Artikel

Seperti yang disinggung di atas, artikel terbagi menjadi 5 jenis. Diantaranya narasi, deskripsi, persuasi, argumentasi dan eksposisi. Untuk lebih jelasnya berikut adalah penjelasan masing-masing jenis artikel tersebut.

  • Narasi

Artikel narasi merupakan jenis artikel yang isinya menceritakan tentang rangkaian peristiwa secara sistematis, mulai dari awal, tengah hingga akhir. Di dalam narasi terdapat tokoh, konflik dan juga penyelesaian. Contoh dari artikel narasi adalah autobiografi, biografi dan kisah pengalaman.

  • Deskripsi

Sesuai dengan namanya, artikel deskripsi adalah jenis artikel berupa karangan yang menggambarkan mengenai suatu hal kepada pembaca, sehingga pembaca seolah-olah bisa merasakan, melihat dan mendengar isi dari deskripsi tersebut.

  • Eksposisi

Artikel eksposisi merupakan jenis artikel yang isinya menjelaskan atau memberikan informasi tentang suatu topik yang tujuannya untuk menambah wawasan pembacanya. Artikel eksposisi umumnya dilengkapi dengan gambar, grafik dan informasi pendukung lainnya.

  • Argumentasi

Artikel argumentasi merupakan suatu karangan yang dibuat untuk membuktikan kebenaran mengenai suatu pendapat dengan menyajikan fakta atau data sebagai alasan. Di dalam artikel ini umumnya terdapat unsur opini dan data, serta fakta yang menjadi pendukung opini.

  • Persuasi

Artikel persuasi merupakan artikel yang isinya bertujuan untuk mempengaruhi pembaca, sehingga bersedia melakukan sesuatu yang disarankan oleh penulis dalam karangannya. Artikel ini biasanya digunakan dalam kampanye-kampanye. Contohnya kampanye anti narkoba yang berisi mengenai bahaya narkoba.

Struktur Artikel

Artikel memiliki struktur yang baku. Seperti pembukaan, leher artikel, tubuh atau isi artikel dan juga penutup artikel. Masing-masing bagian ini memuat karakteristik atau ketentuan yang berbeda-beda.

  • Pembukaan Artikel

Dalam menulis pertama pastinya kita perlu membuat alinea pertama. Dalam pembuka artikel harus terdiri dari prolog, lead dan intro. Bagian pembukaan ini bisa berisi mengenai uraian, kutipan, rangkaian kejadian ataupun peristiwa yang akan dibahas dalam isi artikel.

  • Leher Artikel

Sesudah pembukaan, berikutnya ada leher artikel. Di bagian ini menjelaskan hubungan dari pembuka, yakni isi materi yang akan dijadikan dalam artikel. Bagian ini menjadi penghubung antara kepala dan isi artikel.

  • Tubuh/Isi Artikel

Isi artikel menjadi bagian yang sangat penting dalam proses penulisan. Sebab dalam bagian ini penulis menguraikan seluruh permasalahan atau juga sering disebut dengan istilah eksplanasi. Pengungkapan permasalahan ini jangan sampai keluar dari topik dan harus fokus atau tetap pada tujuan.

  • Penutup Artikel

Setelah seluruh materi tertulis dan seluruh masalah selesai dijelaskan, maka bagian terakhir adalah penutup. Dalam bagian ini biasanya terdiri dari kalimat pengunci, yakni rangkuman dari semua materi dan pembahasan secara singkat dan jelas.

Tujuan dan Manfaat Artikel

Artikel dibuat bukan tanpa tujuan dan manfaat. Pembuatan dan publikasi artikel memberikan manfaat tertentu bagi penulis dan juga pembacanya.

Tujuan penulisan artikel ilmiah lebih kepada mencapai suatu hal yang dituliskan dalam isi tersebut.

  • Mendeskripsikan cara menguraikan atau membahas pokok masalah yang telah ditentukan dan diteliti.
  • Mendeskripsikan pembatasan ruang lingkup artikel ilmiah tersebut.

Selain untuk media menjelaskan suatu perihal, artikel juga memiliki beberapa manfaat seperti berikut:

  • Sarana untuk menyampaikan ide penulis dalam mengembangkan daya imajinasi serta kreatif.
  • Berpikir sistematis serta berbahasa secara tertib dan teratur.
  • Memahami tujuan menulis yang nantinya akan mampu menguasai kompetensi menulis yang harus dicapai.
  • Sebagai sarana publikasi hasil pemikiran secara ilmiah melalui jurnal ilmiah.
  • Memberi dampak akademis bagi pembaca.

Cara Membuat Artikel

Agar lebih mudah dalam menyusunnya, ada tahapan-tahapan dalam membuat artikel. Berikut adalah cara membuat artikel yang baik dan benar.

1. Menguji Gagasan

Sebelum menulis artikel, pertama-tama yang perlu disiapkan adalah topik yang akan dibahas, berikut menguji beberapa gagasan. Pastikan seberapa jauh Anda dapat membahas atau menjabarkan keterkaitan topik pada artikel yang akan dibuat. Menurut Slamet Seosono, ada 5 pola yang bisa Anda terapkan dalam menguji gagasan, yakni:

  • Pola Penggarapan. Sebelum menulis artikel kita tidak hanya dihadapkan pada satu kemungkinan saja.
  • Pola Pemecahan Topik. Untuk memecahkan topik yang masih berada dalam lingkup pembicaraan yang masih menjadi sub topik atau masih samar kejelasannya, maka butuh analisis lebih lanjut. Pola ini mengemukakan masalah yang masih berada dalam lingkup pokok pembahasan, lalu menganalisis pemecahan masalah yang dikemukakan.
  • Pola Kronologi. Pola ini menggambarkan topik berdasarkan suatu peristiwa yang terjadi. Sehingga nantinya membuat apa yang akan dibahas menjadi lebih jelas.
  • Pola Pendapat. Pola ini dapat dipakai bila penulis yang bersangkutan ingin mengemukakan pendapat pribadi engenai topik yang sedang diulas.
  • Pola Perbandingan. Pola ini mengandung dua aspek atau bisa lebih dalam suatu topik, serta menunjukkan perbedaan dan persamaan yang bisa menjadi referensi karya tulis yang akan dibuat. Pola perbandingan sering dipakai dalam menyusun tulisan untuk mempermudah hasil akhir dari pembahasan sebuah artikel yang baik dan berkualitas.

2. Menulis Pendahuluan

Setelah langkah di atas, langkah selanjutnya adalah membuat bagian pendahuluan dari sebuah artikel. Sebab akan menjadi sangat penting untuk menarik minat pembaca. Ada beberapa alternatif dalam mengawali penulisan. Berikut penjelasan selengkapnya.

  • Mengemukakan pendahuluan berupa ringkasan dari isi secara garis besar.
  • Pertanyaan yang Menonjol. Menyusun pertanyaan yang memuat keterkaitan atau polemik supaya pembaca tertarik untuk membacanya.
  • Seolah menggambarkan kejadian dan fakta sehingga membuat pembaca penasaran dan ingin mengetahui lebih jauh isi dari artikel tersebut.
  • Merupakan jenis pembukaan yang membuat selingan tulisan nonfiksi seolah menjadi fiksi.
  • Jenis pembukaan ini dinilai bagus karena bisa membuat keingintahuan pembaca menjadi lebih besar.
  • Kutipan Orang Lain. Kutipan dari seseorang umumnya bisa membuat pembaca menjadi terkesan. Tidak hanya itu, pembaca juga bisa memahami apa yang akan disampaikan dalam artikel tersebut secara garis besar.
  • Amanat Langsung. Pendahuluan ini bisa dimanfaatkan penulis sehingga bisa membuat pembaca merasa akrab seolah itu ditujukan untuk perorangan yang mungkin juga mengalami hal serupa.

3. Menulis Bagian Pembahasan Topik

Dalam menulis pembahasan topik yang akan dibahas usahakan untuk membuat subjudul supaya pembaca tidak cepat merasa bosan. Dengan adanya subjudul, tulisan akan menjadi terlihat lebih tertata dan menarik untuk dibaca.

4. Penutupan Artikel

Bagian terpenting dari sebuah artikel adalah penutupan. Di dalamnya memuat kesimpulan isi artikel secara keseluruhan yang berujung pada amanat, ajakan ataupun saran.

5. Periksa Isi Artikel

Setelah artikel selesai dibuat, bukan berarti tugas penulis telah selesai. Yang tak kalah penting untuk dilakukan adalah memeriksa artikel yang sudah dibuat. Cermati apakah tulisan sudah sesuai dengan standar, baik dari segi penulisan maupun maksud yang ingin disampaikan.

 

Leave a Comment