Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli, Secara Etimologi, KBBI dan Jenis-Jenisnya

Apaitupengertian.com – Pada artikel kali ini kami akan mengupas lebih jauh mengenai pengertian ideologi. Baik pengertian secara umum, definisi ideologi menurut etimologi hingga pendapat beberapa ahli. Kita mulai dari pengertian ideologi secara umum.

Pengertian Ideologi

Ideologi adalah suatu ide atau gagasan. Kata ideologi diciptakan oleh Antoine Destutt de Tracy pada akhir abad ke-18 untuk mendefinisikan “sains tentang ide”.

Secara umum, ideologi adalah kumpulan ide, cita-cita, pandangan atau gagasan bersifat sistematis berupa konsep yang dapat dijadikan pendapat, asas, tujuan dan petunjuk arah kelangsungan hidup, termasuk dalam kehidupan nasional suatu bangsa dan negara.

Ideologi bisa dianggap sebagai visi yang luas, atau sebagai cara memandang segala sesuatu. Di sisi lain ideologi juga bisa diartikan sebagai sistem pemikiran abstrak (tidak hanya sebatas pembentukan ide) yang diterapkan pada masalah publik sehingga pembuat konsep ini menjadi intisari politik. Tujuan utama di balik ideologi adalah untuk menawarkan perubahan lewat proses pemikiran normatif.

Pengertian Ideologi Menurut Etimologi

Destutt de Tracy yang merupakan seorang filsuf Prancis memperkenalkan kata ideologi pada tahun 1796. Kata ideologi sendiri berasal dari bahasa Prancis ‘idéologie’ yang merupakan gabungan dari dua kata, yakni ‘idéo’ yang mengacu pada gagasan dan ‘logie’ yang mengacu kepada logos. Logos sendiri merupakan bahasa Yunani yang berarti logika dan rasio.

Destutt de Tracy memakai istilah ini dalam pengertian etimologinya sebagai ilmu yang meliputi kajian mengenai asal-usul dan hakikat ide atau gagasan.

Pengertian Ideologi Menurut KBBI

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian ideologi terbagi menjadi tiga. Antara lain:

  • Ideologi adalah kumpulan konsep bersistem yang dijadikan asas pendapat (kejadian) yang memberikan arah dan tujuan untuk kelangsungan hidup
  • Ideologi adalah cara berpikir seseorang atau suatu golongan
  • Ideologi adalah paham, teori, dan tujuan yang merupakan satu program sosial politik

Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli

Setelah mengetahui pengertian ideologi secara umum, menurut etimologi dan KBBI, kini kita simak lebih dalam pengertian ideologi menurut pendapat ahli. Ada cukup banyak ahli yang mengemukakan pendapat mengenai definisi ideologi. Berikut adalah penjelasan selengkapnya.

  • Alfian

Ideologi diartikan sebagai suatu pandangan atau sistem nilai yang menyeluruh dan mendalam mengenai bagaimana cara yang sebaiknya, yakni secara moral dianggap benar dan adil, serta mengatur tingkah laku bersama di berbagai segi kehidupan.

  • C.C. Rodee

Ideologi merupakan sekumpulan yang secara logis berhubungan dan mengidentifikasikan nilai-nilai yang memberi keabsahan bagi institusi dan pelakunya.

  • Drs. Moerdiono

Ideologi memilki arti a system of ideas, lebih lanjut ideologi akan mensistematisasikan seluruh pemikiran berkaitan dengan kehidupan ini dan melengkapinya dengan sarana serta kebijakan dan strategi dengan tujuan menyesuaikan keadaan nyata dengan nilai-nilai yang terkandung dalam filsafat yang menjadi induknya.

  • Gunawan Setiardjo

Definisi ideologi menurut Gunawan Setiardjo adalah kumpulan ide atau gagasan atau aqidah ‘aqliyyah (akidah yang sampai lewat proses berpikir) yang melahirkan aturan-aturan dalam kehidupan.

  • Antoine Destutt de Tracy

Ideologi adalah studi terhadap ide–ide atau pemikiran tertentu.

  • Descartes

Ideologi merupakan inti dari seluruh pemikiran manusia.

  • Machiavelli

Menurut Machiavelli, ideologi adalah sistem perlindungan kekuasaan yang dimiliki oleh penguasa.

  • A.S. Hornby

A.S. Hornby mengemukakan pendapat bahwa ideologi merupakan seperangkat gagasan yang membentuk landasan teori ekonomi dan politik atau yang dipegang oleh seorang atau sekelompok orang.

  • Frans Magnis Suseno

Ideologi berarti keseluruhan sistem berpikir dan sikap dasar rohaniah suatu gerakan, kelompok sosial atau individu.

  • Thomas H.

Pengertian ideologi menurut Thomas H. adalah suatu cara untuk melindungi kekuasaan pemerintah supaya bisa bertahan dan mengatur rakyatnya.

  • Francis Bacon

Ideologi bermakna sintesis pemikiran mendasar dari suatu konsep hidup.

  • Moh. A Safaudin

Ideologi menurut Moh. A Safaudin adalah pemikiran menuju keadilan, kesetaraan dan kesejahteraan bersama yang lewat proses berpikir manusia yang bertujuan untuk menentukan aturan-aturan dalam kehidupan.

  • Karl Marx

Ideologi adalah alat untuk meraih kesetaraan dan kesejahteraan bersama dalam masyarakat.

  • Manfred Steger dan Paul James

Yang dimaksud dengan ideologi ada dua macam, yakni sebagai berikut:

  1. Ideologi merupakan sekumpulan ide dan konsep yang normatif yang mempunyai pola, dan merupakan representasi dari kekuatan politik yang ada.
  2. Ideologi adalah peta konsep yang membantu masyarakat dalam mengarahkan kompleksnya kehidupan berpolitik dan keyakinan akan kebenaran sosial.
  • Karl Maanheim

Ideologi adalah sistem pemikiran yang berguna dalam mempertahankan orde sosial tertentu.

  • Napoleon

Pengertian ideologi menurut Napoleon adalah keseluruhan pemikiran politik dari rival–rivalnya.

  • Louis Althuser

Ideologi merupakan sebuah gagasan yang spekulatif, namun bukan gagasan palsu, sebab bukan ditujukan untuk menggambarkan suatu realitas, melainkan untuk bisa memberikan gambaran mengenai bagaimana semestinya manusia itu dapat menjalani hidupnya.

  • Muhammad Ismail

Ideologi (Mabda’) merupakan Al-Fikru al-asasi al-ladzi hubna Qablahu Fikrun Akhar, pemikiran mendasar yang sama sekali tidak dibangun atau disandarkan di atas pemikiran-pemikiran yang lain. Pemikiran mendasar tersebut merupakan akumulasi jawaban atas pertanyaan dari mana, untuk apa dan mau ke mana alam, manusia dan kehidupan ini yang dihubungkan dengan asal-muasal penciptaannya dan kehidupan sesudahnya.

  • Dr. Hafidh Shaleh

Ideologi adalah sebuah pemikiran yang memiliki ide berupa konsepsi rasional (aqidah aqliyah), yang mencakup akidah dan solusi atas seluruh permasalahan kehidupan manusia. Pemikiran itu harus memiliki metode, yang meliputi metode untuk mengaktualisasikan ide dan solusi tersebut, metode mempertahankannya, dan metode menyebarkannya ke seluruh dunia.

  • Nicollo Machiavelli

Pengertian ideologi menurut Nicollo Machiavelli adalah pengetahuan mengenai cara menyembunyikan kepentingan, mendapatkan, dan mempertahankan kekuasaan dengan memanfaatkan konsepsi-konsepsi keagamaan dan tipu daya.

  • Taqiyuddin An-Nabhani

Mabda’ adalah suatu aqidah aqliyah yang melahirkan peraturan. Yang dimaksud dengan akidah adalah pemikiran menyeluruh mengenai alam semesta, manusia, dan hidup, serta tentang apa yang ada sebelum dan setelah kehidupan, di samping hubungannya dengan Zat yang ada sebelum dan sesudah alam kehidupan di dunia ini. Sedang Mabda’ merupakan suatu ide dasar yang menyeluruh mengenai alam semesta, manusia, dan hidup. Hal ini mencakup dua bagian, yaitu fikrah dan thariqah.

  • Murdiono

Ideologi merupakan kompleks pengetahuan dan nilai yang secara keseluruhan menjadi landasan bagi seseorang atau masyarakat untuk memahami jagat raya dan bumi seisinya, serta menentukan sikap dasar untuk mengelolanya.

  • Soerjanto Poespowardoyo

Ideologi merupakan kompleks pengetahuan dan macam-macam nilai, yang secara universal menjadi landasan bagi seseorang atau juga masyarakat untuk bisa memahami jagat raya serta bumi seisinya dan juga menentukan sikap dasar untuk dapat mengolahnya.

  • Ali Syariati

Pengertian ideologi menurut Ali Syariati adalah sebagai keyakinan-keyakinan dan gagasan-gagasan yang ditaati oleh suatu kelompok, kelas sosial, bangsa maupun suatu ras tertentu.

  • M. Sastra Prateja

Ideologi merupakan perangkat gagasan atau pemikiran yang berorientasi pada tindakan yang diorganisir menjadi suatu sistem yang teratur.

  • Kirdi Dipoyuda

Ideologi adalah suatu kesatuan gagasan-gagasan dasar yang bersifat menyeluruh dan sistematis mengenai manusia dan kehidupannya, baik individual maupun sosial, termasuk kehidupan bernegara.

  • Silvio Vietta

Ideologi menurut Silvio Vietta merupakan bentuk perlindungan kumpulan ide terhadap tingkah politik yang tidak rasional dan bertindak dalam wujud idealisme.

  • Laboratorium IKIP Malang

Menurut Laboratorium IKIP Malang ideologi merupakan kumpulan nilai, ide, dan cita-cita serta pedoman dan metode dalam melaksanakan atau mewujudkannya.

  • Encyclopedia International

Dalam Encyclopedia International, ideologi diartikan sebagai sistem gagasan, keyakinan dan sikap yang didasari oleh cara hidup dalam kelompok, kelas dan masyarakat tertentu.

  • Bob Hodge

Menurut Bob Hodge, definisi ideologi adalah mengidentifikasi kesatuan objek yang menggabungkan makna yang kompleks dengan agen-agen sosial dan proses yang menghasilkan mereka.

  • Davud W. Minar

Davud W. Minar menggambarkan arti ideologi sebagai berikut:

  1. Ideologi merupakan koleksi ide dengan berbagai macam variasi bentuk atau isi yang umumnya normatif atau berlaku umum.
  2. Ideologi merupakan bentuk atau perwujudan ide yang berlaku dalam interaksi manusia sebagai makhluk sosial.
  3. bentuk lain dari ide yang mengatur struktur dari Organisasi
  4. Ideologi diartikan sebagai bentuk dari tujuan dan dilakukan dalam bentuk persuasif.
  5. Ideologi mempunyai kemungkinan sebagai wadah utama dalam interaksi sosial.
  • Padmo Wahyono

Padmo wahyono menyampaikan pendapat bahwa ideologi adalah suatu kesatuan yang bulat dan utuh dari ide dasar.

  • Ramlan Surbakti

Ramlan Surbakti membagi arti ideologi dalam dua macam, yaitu ideologi secara fungsional dan ideologi secara struktural.

Ideologi secara fungsional merupakan seperangkat gagasan mengenai kebaikan bersama atau tentang masyarakat dan negara yang dianggap paling baik.

Ideologi secara struktural merupakan sistem pembenaran seperti gagasan dan formula politik atas setiap kebijakan dan tindakan yang diambil oleh penguasa

  • W. White

Ideologi adalah cita-cita politik atau doktrin (ajaran) dari sebuah lapisan masyarakat atau sekelompok manusia yang bisa dibeda-bedakan.

  • The American Heritage dan Dictionary of The English Language, Fourth Edition

Ideologi merupakan sekumpulan ide yang mencerminkan kebutuhan-kebutuhan, harapan serta tujuan sosial dari individu, kelompok, golongan atau budaya. Ideologi juga merupakan sekumpulan ajaran atau kepercayaan yang membentuk dasar-dasar politik, ekonomi, dan sistem-sistem yang lain.

  • Random House Unabridged Dictionary

Ideologi merupakan sekumpulan ajaran, cerita suatu bangsa, kepercayaan dan lain sebagainya yang menuntut individu, gerakan sosial, institusi, golongan maupun kelompok yang besar.

  • Prof. Lowenstein

Ideologi adalah suatu penyelarasan atau gabungan pola pikiran dan kepercayaan, atau pemikiran berubah menjadi kepercayaan, penerangan sikap manusia mengenai hidup dan kehadirannya dalam masyarakat dan mengusulkan suatu kepemimpinan dan menyeimbangkannya berdasarkan pemikirannya dan kepercayaan tersebut.

  • Harold H. Titus

Ideologi adalah suatu istilah yang digunakan untuk sekelompok cita-cita tentang berbagai macam masalah politik dan ekonomi yang diselenggarakan dalam suatu rencana sistematis dan dijalankan oleh kelompok atau lapisan masyarakat.

  • Wiliam James

Dalam Buku Varieties of Religious Experience, William James mengartikan ideologi sebagai “A man’s Total View or thought about life” atau hasil pemikiran dan pandangan dari berbagai sudut pandang terhadap sesuatu dalam totalitas yang seseorang bisa.

  • Leibniz

Menurut Leibniz, ideologi sebagai one great system of truth, yakni kesatuan sistem kebenaran yang menakjubkan.

Jenis Ideologi

  • Ideologi Kapitalisme

Gagasan utama dalam kapitalisme adalah kebebasan individu untuk melakukan akumulasi kapital individual. Dalam ideologi kapitalisme negara dilarang untuk ikut campur dalam upaya memperkaya diri yang dilakukan oleh seseorang.

  • Ideologi Liberalisme

Gagasan utama dalam liberalisme adalah kebebasan individu dan menjunjung tinggi kesetaraan di dalam masyarakat suatu negara. Hak-hak dasar setiap orang harus dilindungi oleh negara.

  • Ideologi Marxisme

Ideologi Marxisme merupakan hasil pemikiran Karl Marx. Karl Marx membuat suatu teori besar yang berhubungan dengan sistem ekonomi, sistem sosial, dan sistem politik.

  • Ideologi Sosialisme

Gagasan utama dari ideologi sosialisme adalah kesetaraan sosial, dimana pemerintah mempunyai peran dominan atas individu. Dalam ideologi sosialisme tidak ada pengakuan atas hak milik pribadi.

  • Ideologi Nasionalisme

Gagasan utama dari ideologi nasionalisme adalah kesadaran dan semangat cinta tanah air serta bangsa yang ditunjukkan melalui sikap individu dan masyarakat.

  • Ideologi Feminisme

Gagasan utama feminisme adalah perjuangan kesetaraan hak dan tanggungjawab bagi perempuan dalam politik, ekonomi, budaya, ruang pribadi dan ruang publik.

Fungsi Ideologi

Ideologi bisa dipelajari dan diformulasikan sampai dimasukkan dalam tatanan abstrak di dalam pikiran dan jiwa manusia. Ideologi akan menjadi landasan berpikir dan cara pandang manusia dalam menafsirkan dan memahami dunia. Berikut adalah fungsi ideologi bagi sebuah negara:

  1. Struktur kognitifStruktur kognitif yakni segala pengetahuan dan pandangan yang merupakan landasan untuk memahami segala kejadian yang terjadi disekitarnya. Struktur kognitif ini menjadi pacuan dalam memahami dan menyikapi segala persoalan yang menghadapi sekelompok masyarakat atau bangsa ketika menghadapi masalah tertentu. Pemahaman ideologi oleh suatu bangsa dapat mempengaruhi kebijakan-kebijakan yang ada dalam negaranya, baik kebijakan politik, sosial, ekonomi, maupun kebudayaan.
  2. Orientasi dasarOrientasi dasar yakni, membuka wawasan yang memberikan makna serta menunjukan tujuan dalam kehidupan masyarakat. Ideologi dalam hal ini berfungsi untuk menentukan suatu arah dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara. Suatu negara wajib mempunyai suatu ideologi agar dapat melangsungkan kehidupan bernegara. Jika suatu negara tidak memiliki suatu ideologi yang dianut, dapat diperediksikan negara tersebut akan mudah terpengaruh oleh ideologi-ideologi yang menyerang bangsa mereka sehingga bangsa tersebut akan dekat dengan kehancuran.
  3. Norma-norma yang menjadi pedomanNegara-negara yang berideologi sangat berpegag teguh terhadap norma-norma yang menjadi pedoman dalm berbangsa dan bernegara. Segala aktivitas dalam menjadi warga masyarakat. Jadi dalam bertindak selalu dalam batsan norma-norma yang terkandung dalam ideologi terwebut. Dengan berpedoman dengan norma-norma, seseorang dapat terarah dalam bertingkah laku.
  4. Jalan untuk menentukan identitas diriSebagai warga negara yang baik sudah seharusnya kita membangun jatidiri yang dapat memperkuat eksistensi ideologi yang kita anut. Ideologi dapat menentukan identitas diri suatu bangsa, yakni jatidiri yang berbeda dengan negara-negara lain. Identitas nasional Indonesia yang membedakannya dengan bangsa-bangsa lain salah satu di antaranya adalah adanya ideologi Pancasila sebagai dasar filsafat, pandangan hidup,  kepribadian, dan dasar negara.
  5. Kekuatan untuk mencapai tujuanIdeologi juga berfungsi untuk mendorong dan menyemangati seseorang untuk mencapai suatu tujuan. Tanpa adanya pandangan hidup yang di anggap sebagai pedoman dlam berbnagsa dan bernegara, suatu bangsa tidak akan mampu untuk mencapai tujuan dan cita-citanya. Oleh karena itu, ideologi adalah salah satu faktor yang sangat penting dalam mewujudkan cit-cita negara tersebut.
  6. Sumber edukasi untuk masyarakatSelain lima diatas, ideologi berfungsi sebagai sumber pendidikan bagi seseorang atau masyarakat untuk memahami, menghayati, serta mempolakan tingkah lakunya sesuai dengan orientasi dan norma-norma yang terkandung didalamnya.

Leave a Comment