Pengertian Internet: Mengenai Sejarah, Fungsi, Manfaat, dan Dampaknya

Apaitupengertian.com – Di era yang serba modern dan praktis seperti sekarang ini internet sudah menjadi bagian vital dan tak terpisahkan lagi. Berbagai hal yang ada dalam kehidupan kita berhubungan erat dengan internet. Misalnya smartphone, notebook, atau bahkan TV.

Internet merupakan satu hal dengan banyak manfaat. Dengan internet kita bisa berselancar di dunia maya, mencari informasi terkini, belajar tentang hal baru atau mencari konten hiburan dan pendidikan. Bahkan beberapa sekolah, perguruan tinggi atau perusahaan-perusahaan juga memanfaatkan internet untuk memudahkan aktivitasnya.

Karena fungsi dan manfaatnya yang begitu banyak, kami ingin membahas mengenai pengertian internet. Selain itu juga akan kami sampaikan hal-hal yang berhubungan dengan internet. Mulai dari sejarah, fungsi, manfaat dan lain-lain. Berikut penjelasan selengkapnya yang dapat Anda simak.

Pengertian Internet

Internet adalah suatu jaringan komunikasi yang menghubungkan satu media elektronik dengan media lainnya. Untuk diketahui, standar teknologi pendukung yang digunakan secara global adalah Transmission Control Protocol atau Internet Protocol Suite yang disingkat sebagai TCP/IP.

TCP/IP adalah protokol pertukaran paket atau yang dalam istilah asingnya Switching Communication Protocol) yang dapat dipakai untuk miliaran lebih pengguna yang ada di dunia. Sedangkan istilah internetworking adalah cara atau proses dalam menghubungkan rangkaian internet dan penerapan aturannya yang telah disebutkan sebelumnya.

Pengertian Internet Menurut Para Ahli

Kita sudah mengetahui definisi internet secara umum. Sebagai tambahan, kita bahas pula pengertian internet menurut para ahli. Ada beberapa pendapat yang bisa kita jadikan tambahan wawasan. Sehingga dengan begitu kita bisa lebih memahami apa itu internet.

  • Onno Purbo

Menurut Purbo (dalam Prihatna, 2005), internet pada dasarnya merupakan suatu media yang dipakai untuk mengefesiensikan proses komunikasi yang dihubungkan melalui berbagai aplikasi semacam Web, VoIP, E-mail.

  • Oetomo

Oetomo menyampaikan pendapat bahwa internet atau yang merupakan singkatan dari international network adalah suatu jaringan komputer yang sangat besar, di mana jaringan komputer itu terdiri dari sejumlah jaringan-jaringan kecil yang saling terhubung satu sama lain.

  • Supriyanto

Internet merupakan suatu hubungan antara berbagai jenis komputer dengan jaringan di dunia yang memiliki sistem operasi dan juga aplikasi yang berbeda-beda. Di mana hubungan tersebut memanfaatkan kemajuan perangkat komunikasi semacam telepon dan satelit yang menggunakan protokol standar dalam melakukan hubungan komunikasi, yaitu protokol TCP/IP (Transmission Control/Internet Protocol).

  • Harjono

Menurut pendapat Harjono internet adalah kumpulan dari beberapa komputer, yang bahkan dapat mencapai jutaan komputer di seluruh dunia yang saling berhubungan dan saling terkoneksi satu sama lainnya. Supaya komputer dapat saling terkoneksi satu sama lain, maka dibutuhkan media untuk saling menghubungkan antar komputer. Media yang dipakai itu bisa menggunakan kabel/serat optik, satelit atau lewat sambungan telepon.

  • Ramdhani

Menurut Ramdhani internet merupakan suatu sebutan untuk sekumpulan jaringan komputer yang dapat menghubungkan berbagai situs akademik, pemerintahan, komersial, organisasi, hingga perorangan.

  • Sibero

Internet atau juga yang merupakan singkatan dari Inter-connected Network adalah suatu jaringan komputer yang menghubungkan antar komputer secara global.

  • Drew Heywood

Heywood menjelaskan internet adalah istilah teknologi yang muncul mulanya pada akhir tahun 60-an, yaitu pada saat United States Department of Defense (DoD) membutuhkan suatu standar baru dalam melakukan komunikasi Internetworking.

Standar baru ini haruslah merupakan standar yang mampu menghubungkan berbagai jenis komputer di DoD dengan komputer milik kontraktor militer, organisasi penelitian atau juga yang ilmiah seperti di universitas. Jaringan ini harus kuat, aman dan tahan kerusakan sehingga sanggup dioperasikan pada kondisi minimum akibat bencana maupun perang.

Sejarah Internet

Pada tahun 1960-an, Departemen Pertahanan Amerika Serikat lewat Advanced Research Projects Agency atau yang disingkat ARPA merintis sebuah sistem jaringan bernama ARPANET. ARPANET inilah yang menjadi cikal bakal terbentuknya internet.

Pada tahun 1980-an baru internet mulai digunakan oleh kalangan terbatas. Internet dipakai untuk menghubungkan berbagai kampus atau universitas yang populer di Negeri Paman Sam.

Protokol standar dari TCP/IP sendiri mulai dipublikasikan ke publik pada tahun 1982. Empat tahun sesudahnya nama domain dipakai oleh pengguna internet, tepatnya di tahun 1984. Sementara itu National Science Foundation Network (NSFNET) didirikan dan mulai dikembangkan pada tahun 1986.

NSFNET ini mulai menggantikan peran ARPANET sebagai suatu wadah riset terkait di Amerika Serikat. Sejumlah jaringan internasional di banyak negara akhirnya mulai dikembangkan dan dihubungkan lewat NSFNET.

ARPANTE lalu diturunkan pada tahun 1990. Meski saat ini internet sudah menjadi konsumsi banyak orang, pengembangannya sendiri masih terus berlangsung hingga sekarang. Dulu, informasi yang dapat dimiliki lewat internet hanya informasi berbasis teks saja. Lalu pada tahun 1990 layanan sejenis berbasis tampilan grafis dikenal sebagai World Wide Web (WWW) mulai dikembangkan lagi oleh CERN.

Lalu tahun 1993 InterNIC didirikan supaya dapat melayani pendaftaran nama domain dari publik. Sekitar tahun 1994 internet masuk ke Indonesia.

Pada saat itu jaringan internet di Indonesia mempunyai nama unik, yakni Paguyuban Network. Sesuai dengan namanya, Paguyuban Network memiliki semangat kekeluargaan atau kerjasama yang terjadi begitu akrab diantara para anggota pengembang teknologinya. Hal ini berbeda bila dibandingkan dengan suasana pengembangan internet di Indonesia zaman sekarang yang lebih ke arah komersial. Meski begitu internet mendorong pertumbuhan e-commerce dan perusahaan komersial lainnya, sehingga perekonomian bangsa juga turut berkembang.

RMS Ibrahim, Adisoemarta, Suryono, Muhammad Ihsan, Putu, Robby Soebiakto, Firman Siregar, Adi Idrayanto, dan Onno Purbo merupakan beberapa nama tokoh pengembang legendaris yang tercatat di sejarah internet Indonesia, tepatnya tahun 1992-1994. Setiap pengembang ini mempunyai kontribusi dan mendedikasikan keahliannya dalam membangun sejarah IT di Tanah Air.

Fungsi Internet

Internet mempunyai beberapa fungsi yang tujuannya memudahkan kegiatan manusia. Berikut adalah beberapa fungsi internet:

  • Media Komunikasi

Internet berfungsi sebagai media komunikasi agi manusia. Pemakaian internet sebagai media komunikasi sangat banyak dipakai saat ini. Terlihat dari hadirnya berbagai situs media sosial hingga aplikasi chatting yang memudahkan orang untuk berkomunikasi dengan kerabat ataupun teman.

  • Media untuk Akses Informasi

Selain sebgai media komunikasi, internet juga memiliki fungsi sebagai media untuk mengakses informasi. Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa era internet adalah era keterbukaan. Artinya dengan internet seseorang bisa lebih mudah mengakses berbagai macam informasi penting.

Jika dulu manusia harus membaca buku untuk memperoleh informasi, maka sekarang hal itu bisa dilakukan dengan internet. Bahkan keberadaan buku digital atau e-book juga memungkinkan seseorang untuk membaca buku secara online.

  • Media Bertukar Sumber Daya

Internet juga dapat dipakai untuk bertukar sumber daya atau data kepada orang lain di seluruh dunia. Beberapa sumber daya atau data yang bisa ditemui di internet antara lain makalah, karya tulisan, jurnal, foto, video, desain, dan lain-lain.

  • Media untuk Akses Berita

Kini untuk mengetahui berita terkini tidak perlu harus membeli koran terlebih dahulu atau menonton TV. Internet bisa dipakai untuk mengakses berita. Ada banyak situs berita online atau media online ternama dan terpercaya yang bisa diakses oleh pengguna internet. Praktisnya lagi kita bisa memanfaatkan smartphone untuk mengakses berita terkini.

Manfaat Internet

Internet hadir untuk memberikan beragam manfaat kepada penggunanya. Pada dasarnya internet bermanfaat untuk memudahkan manusia dalam berbagai aktivitas. Lebih lengkapnya berikut adalah sederet manfaat internet:

  • Komunikasi Lebih Cepat

Komunikasi antar individu di lokasi berbeda lebih mudah dengan adanya internet. Di samping itu biaya yang dikeluarkan juga lebih terjangkau ketika memanfaatkan internet. Beberapa media yang sering dipakai untuk berkomunikasi adalah email, media sosial, aplikasi chatting dan lain sebagainya.

  • Menambah Pengetahuan

Ilmu pengetahuan juga bisa kita dapatkan di internet. Keberadaan berbagai situs di dunia maya yang menampilkan beragam wawasan bermanfaat bisa menjadi media bagi seseorang untuk mempelajari suatu materi.

Contohnya jika seseorang ingin belajar bahasa asing, maka ada situs-situs yang bisa dikunjungi yang menawarkan kursus online bahasa asing. Atau saat ingin belajar bermain gitar, maka juga bisa memanfaatkan internet untuk mencari tutorial bermain gitar untuk pemula atau menonton tutorial dari orang yang ahli.

  • Kemudahan dalam Berbelanja

Dengan internet konsumen online di Indonesia berkembang pesat. Hal ini menjadi bukti bahwa internet menawarkan kemudahan dalam hal berbelanja secara cepat dan murah. Di sisi pengusaha, hadirnya internet membuat usaha berkembang lebih cepat dan mudah. Maka dari itu bisnis e-commerce menjadi salah satu bisnis menggiurkan saat ini.

  • Kemudahan dalam Pemasaran Bisnis

Pelaku bisnis juga kerap memanfaatkan internet sebagai media pemasaran. Internet marketing mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan dengan pemasaran konvensional. Antara lain:

  1. Biaya pemasaran cenderung lebih murah
  2. Dapat membidik target market tertentu
  3. Dapat menjangkau lebih banyak orang
  4. Membangun brand lebih cepat
  5. Dan lain-lain

Metode pemasaran online juga sangat bervariasi. Sehingga setiap pengusaha bisa memilih metode mana yang kira-kira cocok dengan usaha yang dimilikinya. Bahkan metode pemasaran online juga bisa dikembangkan sehingga bisa memikat konsumen lebih efektif dan efisien.

  • Sarana Hiburan

Internet tidak hanya dipakai untuk mengakses informasi ataupun berkomunikasi dengan orang lain saja. Internet juga menjadi media untuk mengakses hiburan, khususnya bagi generasi muda. Di dunia maya kita kenal situs ternama seperti Facebook, Instagram, Youtube dan lain-lain yang menjadi beberapa situs hiburan.

Facebook merupakan media sosial yang memungkinkan kita terhubung dengan orang lain. Sedangkan Instagram menjadi media untuk berbagi foto atau video singkat. Kedua media sosial ini kerap dipakai orang lain untuk membagikan konten yang menghibur dan juga bermanfaat.

Dan yang tak kalah populer adalah Youtube. Situs streaming video ini banyak dimanfaatkan untuk membagikan konten kreatif yang menghibur. Bahkan Youtube juga menjadi ladang usaha bagi banyak orang.

Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet bagaikan dua sisi koin. Di satu sisi internet memiliki manfaat yang menguntungkan penggunanya. Di sisi lain internet juga mempunyai efek negatif yang perlu kita hindari.

Sisi positifnya seperti yang telah disebutkan di atas. Seperti menambah wawasan, mempercepat arus informasi, menciptakan lapangan pekerjaan baru dan lain-lain. sedangkan contoh sisi negatifnya adalah adanya potensi kecanduan internet, penggunaan waktu yang tidak produktif dan lain-lain. untuk lebih jelasnya berikut dampak positif dan negatif internet.

  • Dampak Positif Internet
  1. Mempercepat dan memudahkan arus informasi dan data
  2. Membantu pelajar dalam mengerjakan tugas
  3. Membangun self learning seseorang, dengan melihat dan membaca berbagai tutorial di Internet
  4. Menambah pengetahuan dan juga wawasan
  5. Memudahkan kegiatan kampanye atau promosi hal-hal positif
  6. Kemudahan mendapat hiburan dan pengisi waktu luang
  7. Mempererat relasi dan juga pertemanan melalui media sosial
  8. Membantu menggerakkan roda bisnis dan juga ekonomi melalui e-commerce
  9. Memudahkan proses pekerjaan manusia
  10. Menciptakan banyak lapangan pekerjaan dan peluang usaha yang baru
  11. Dan lain-lain
  • Dampak Negatif Internet
  1. Adanya potensi kecanduan internet
  2. Penggunaan waktu yang tidak produktif
  3. Potensi tindak kejahatan melalui internet / cyber crime, seperti penipuan
  4. Adanya konten yang tidak pantas dan berbahaya bagi anak di bawah umur
  5. Mudahnya muncul informasi dan berita bohong (hoax)
  6. Meningkatnya risiko provokasi antar golongan
  7. Meningkatnya isu-isu SARA yang menyebabkan perpecahan masyarakat
  8. Maraknya aksi cyber bullying
  9. Tergerusnya budaya asli lokal karena proses globalisasi melalui internet

Itulah informasi seputar pengertian internet. Seperti yang diketahui, internet mempunyai segudang manfaat yang bisa kita gunakan. Akan tetapi jangan lupa jika internet juga menyimpan sisi negatif yang perlu kita sadari dan hindari.

Leave a Comment