Pengertian Sepak Bola, Tujuan, Manfaat, Sejarah, Teknik Dasar, dan Peraturan Lengkap

Apaitupengertian.com – Sepak bola menjadi salah satu jenis olahraga yang banyak diminati orang, terutama kaum adam. Tak sulit untuk mencari orang-orang yang bermain sepak bola di tanah lapang. Biasanya banyak anak-anak bermain sepak bola saat sore hari atau ketika hari libur.

Tidak hanya itu, pertandingan sepak bola juga sering diselenggarakan di Indonesia ataupun tingkat dunia. Dengan antusiasme masyarakat yang cukup besar.

Maka dari itu pada kesempatan ini kami akan membahas lebih jauh seputar pengertian sepak bola. Mulai dari pengertian secara umum, pengertian sepak bola menurut para ahli, sejarah sepak bola, teknik sepak bola hingga peraturan sepak bola. Langsung saja berikut informasi selengkapnya yang kami sajikan untuk Anda.

Pengertian Sepak Bola

Sepak bola adalah cabang olahraga yang memakai sebuah bola, biasanya berbahan kulit atau karet dan dimainkan oleh dua tim, dimana masing-masing tim beranggotakan 11 pemain inti dan beberapa pemain pengganti.

Selain itu sepak bola juga bisa didefinisikan sebagai suatu permainan yang dilakukan dengan cara menendang bola, yang tujuannya adalah untuk memasukkan bola terebut ke gawang lawan. Suatu permainan sepak bola dimenangkan oleh tim yang paling banyak memasukkan bola ke lawan berdasarkan aturan permainan yang berlaku.

Sepak bola dalam bahasa Inggris disebut dengan istilah ‘football’. Sedangkan di Amerika Serikat disebut dengan julukan ‘soccer’. Bisa kita amati bahwa sepak bola terdiri dari dua kata, yakni sepak dan bola. Sepak memiliki arti menendang dengan kaki. Sedangkan bola adalah alat permainan yang berbentuk bulat dan biasanya terbuat dari bahan kulit atau karet.

Pengertian Sepak Bola Menurut Para Ahli

Beberapa ahli memiliki pendapat yang berbeda seputar pengertian sepak bola. Untuk mengetahuinya berikut adalah pendapat beberapa ahli mengenai definisi sepak bola.

Agus Salim

Agus Salim menyatakan bahwa sepak bola adalah cabang olahraga yang memainkan bola dengan menggunakan kaki yang tujuannya adalah untuk memasukkan bola tersebut sebanyak mungkin ke gawang lawan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan sebelumnya, baik itu oleh asosiasi sepak bola atau pihak lain yang berwenang.

Soekatamsi

Menurut Soekatamsi (1994:3), sepak bola merupakan suatu permainan beregu yang diperlombakan, dimana masing-masing regu terdiri dari 11 pemain termasuk penjaga gawang.

Muhajir

Muhajir (2007:22), mengemukakan pendapat bahwa sepak bola adalah suatu permainan yang dilakukan dengan cara menyepak bola, yang tujuannya adalah untuk memasukkan bola ke gawang lawan dan bertahan agar gawang agar tidak kemasukan bola.

Luxbacher

Luxbacher (2008:2) mengartikan sepak bola sebagai suatu permainan yang dipertandingkan antara dua tim, dimana masing-masing tim terdiri dari 11 orang dan dilakukan dengan cara mempertahankan gawang dan berusaha menjebol gawang lawan.

Remmy Muchtar

Remmy Muchtar (1992:27) mendefinisikan sepak bola sebagai suatu permainan yang dilakukan dengan cara pengolahan bola maupun dalam pengelolaan gerak tubuh dalam permainan.

Tujuan Sepak Bola

Permainan sepak bola pada dasarnya memiliki beberapa tujuan. Seperti memasukkan bola ke dalam gawang lawan sebanyak mungkin untuk memenangkan pertandingan. Selain itu juga masih ada beberapa tujuan lain, antara lain:

  • Menciptakan gol ke gawang lawan.
  • Menghalau atau mencegah bola agar tidak masuk ke gawang sendiri.
  • Membangun kerjasama tim agar permainan lebih solid.
  • Membangun dan menjaga sportifitas antar pemain sepak bola dan menciptakan permainan yang adil.
  • Meningkatkan kebugaran dan kesehatan tubuh.
  • Meraih prestasi dalam dunia olah raga, khususnya sepak bola.

Manfaat Sepak Bola

Sepak bola bagaimanapun juga adalah olahraga dan juga sarana hiburan bagi para pecintanya. Maka dari itu sepak bola memiliki beberapa manfaat, antara lain:

  • Mencerdaskan otak. Dalam sepak bola pemain tidak hanya mengandalkan fisiknya saja, namun juga mengandalkan otak agar permainan mereka sesuai dengan tempo dan taktik yang telah disusun sebelum bertanding. Sepak bola bisa mengasah kecepatan dan ketepatan dalam berpikir yang mengombinasikan mata dan pikiran dengan anggota tubuh lainnya.
  • Memperkuat mental. Dalam olahraga ini mental diibaratkan sebagai sesuatu elemen fisik yang melekat dalam jiwa seseorang. Ada kalanya dalam bermain olahraga kita akan jatuh, namun harus tetap bangkit kembali tanpa mengenal kata menyerah.
  • Melatih disiplin. Agar bisa menjadi pesepak bola yang profesional, maka perlu latihan dan rutin dan niat yang kuat. Dengan bermain sepak bola para pemain akan belajar untuk memiliki komitmen dan dedikasi kuat serta terus disiplin dalam berlatih agar bisa bermain dengan baik.
  • Meningkatkan kesehatan fisik. Hal ini bisa terjadi karena ketika bermain sepak bola pemain diharuskan berjalan dan berlari secara terus menerus. Kegiatan ini akan melatih organ-organ tubuh supaya lebih kuat sehingga daya tahan tubuh ikut meningkat.
  • Sosialisasi dan kerjasama tim. Bermain sepak bola memerlukan komunikasi, pengertian serta kekompakan. Dengan bermain sepak bola para pemain akan belajar berkolaborasi, tidak hanya sebatas berkompetisi.

Sejarah Sepak Bola

Menurut sejarahnya, olah raga ini sudah dikenal di dataran Tiongkok sejak abad ke-2 dan ke-3 sebelum masehi, tepatnya pada masa pemerintahan Dinasti Han. Di masa tersebut masyarakat Tiongkok menggunakan bola kulit dan menyepaknya ke dalam jaring kecil.

Selain di Tiongkok, permainan sepak bola juga dikenal di berbagai negara lainnya. Mulai dari Jepang, Yunani dan Roma. Masyarakat Jepang, Roma, dan Yunani di masa itu melakukan permainan ini untuk bersenang-senang.

Di Italia, permainan menendang dan membawa bola baru digemari pada abad ke-16. Era sepak bola modern dimulai di Inggris yang memberlakukan peraturan-peraturan dasar sehingga permainan ini semakin populer.

Dalam beberapa kompetisi, sepak bola menimbulkan reaksi keras lantaran menimbulkan kekerasan di antara masyarakat. Alhasil pertandingan ini sempat dilarang di tahun 1935 oleh Raja Edward III. Begitu juga dengan Raja James I dari Skotlandia yang juga melarang sepak bola.

Walaupun olah raga ini sempat dilarang karena dianggap mengandung kekerasan, sepak bola pada kenyataannya justru semakin dikenal masyarakat dunia. Di tahun 1815 terjadi perkembangan besar yang menjadikan olahraga ini populer di sekolah maupun universitas.

Hingga akhirnya pada tahun 1904, terbentuklah FIFA (Fédération Internationale de Football Association). FIFA merupakan badan pengendali internasional sepak bola yang didirikan pada 21 Mei 1904 di Paris, Prancis.

Setelah itu sepak bola menjelma menjadi suatu olah raga yang dipertandingkan antar negara untuk memperebutkan Piala Dunia. Adapun pertandingan Piala Dunia pertama kali diselenggarakan pada tahun 1930 di Uruguay yang dimenangkan oleh Uruguay.

Teknik Dasar Sepak Bola

Dalam sepak bola, para pemain wajib memahami dan dapat melakukan beberapa teknik dasar sepak bola. Berikut adalah teknik-teknik dasar yang ada dalam sepak bola.

Teknik Menendang Bola

Teknik menendang bola adalah faktor yang paling dominan dalam permainan sepak bola. Ada beberapa teknik menendang bola yang bisa kita ketahui. Yakni menendang bola dengan kaki bagian dalam, menendang bola dengan kaki bagian punggung dan menendang bola dengan kaki bagian luar.

Teknik Menghentikan Bola

Selain menendang bola, juga ada teknik menghentikan bola. Tujuan teknik ini adalah untuk menahan atau menghentikan laju bola. Berikut adalah beberapa teknik menghentikan bola:

  • Menghentikan bola dengan kaki bagian luar
  • Menghentikan bola dengan kaki bagian dalam
  • Menghentikan bola dengan kaki bagian punggung
  • Menghentikan bola dengan kaki bagian telapak
  • Menghentikan bola dengan kaki bagian paha
  • Menghentikan bola dengan dada atau perut
  • Menghentikan bola dengan kepala

Teknik Menggiring Bola

Mengiring bola merupakan upaya mendorong atau membawa bola ke arah tertentu sembari berlari sehingga bola bergulir di tanah dan tetap dikuasai oleh pemain. Berikut adalah teknik dasar menggiring bola:

  • Menggiring bola dengan kaki bagian dalam
  • Menggiring bola dengan kaki bagian luar
  • Menggiring bola dengan punggung kaki
  • Menggiring bola dengan kedua kaki secara bergantian

Teknik Menyundul Bola

Teknik menyundul bola merupakan gerakan mendorong bola dengan menggunakan kepala yang dilakukan saat bola sedang melayang di udara. Tujuannya adalah untuk mendorong bola ke arah yang diinginkan oleh pemain.

Peraturan Sepak Bola

Dalam pertandingan sepak bola terdapat beberapa aturan yang harus dipatuhi oleh seluruh pihak. Dengan begitu sepak bola bisa berlangsung dengan aman dan tertib, serta bisa menghibur banyak pihak. Berikut adalah peraturan sepak bola:

Jumlah Pemain Sepak Bola

Dalam pertandingan sepak bola, satu tim beranggotakan 11 pemain inti. Masing-masing pemain ini memiliki posisi yang berbeda. Yakni 1 penjaga gawang, 4 pemain bertahan, 2-5 pemain tengah dan 1-3 penyerang.

Masing-masing tim mempunyai seorang kapten yang bertugas memimpin rekan satu timnya sehingga bisa bermain sesuai arahan. Berikut adalah tugas dari masing-masing posisi pemain sepak bola:

  • Penjaga gawang (keeper); bertugas menjaga gawang agar tidak kemasukan bola.
  • Pemain bertahan (back); bertugas untuk menghalau lawan agar tidak masuk ke area pertahanan.
  • Pemain tengah/ gelandang (midfielder); sering disebut juga dengan playmaker yang bertugas mengatur permainan timnya serta membantu back dan striker.
  • Pemain sayap (winger); pemain yang bertugas mengendalikan permainan di area kiri atau kanan lapangan.
  • Penyerang (striker); pemain yang bertugas untuk memasukkan bola (goal) ke gawang lawan.

Ukuran Lapangan Sepak Bola

Permainan sepak bola biasanya dilakukan di lapangan berumput. Pada bagian sisi lapangan terdapat garis pembatas antara bagian dalam dan luar lapangan.

Di sekitar gawang terdapat area kotak penalti, yang menjadi area dimana keeper boleh menangkap bola dengan tangan. Area ini juga menjadi area tendangan penalti jika pemain bertahan melakukan pelanggaran terhadap lawan.

Berikut adalah standar ukuran lapangan sepak bola untuk orang dewasa:

  • Panjang 100 – 120 meter
  • Lebar 65 – 75 meter
  • Lebar gawang 7,32 meter
  • Tinggi gawang 2,44 meter

Durasi Permainan Sepak Bola

Berdasarkan aturan sepak bola internasional, durasi permainan sepak bola adalah 2 x 45 menit yang terbagi dalam dua babak. Akan tetapi wasit yang memimpin jalannya pertandingan bisa memberikan waktu tambahan sesuai kebutuhan, yakni sekitar 1-5 menit untuk setiap babak.

Untuk pertandingan penentu, misalnya pertandingan dengan sistem gugur, jika selama dua babak pertandingan kedua tim masih imbang maka akan dilakukan tambahan waktu 2×15 menit. Apabila dalam perpanjangan waktu itu tetap imbang, maka akan dilakukan adu penalti hingga salah satu tim menang.

Penggunaan Bola

Bola yang dipakai dalam sebuah pertandingan sepak bola mempunyai ukuran diameter yang tidak lebih dari 28 inci, atau 70 cm serta tidak kurang dari 27 inci atau 68 cm.

Kelengkapan Pemain

Aksesoris atau dresscode serta kelengkapan pemain yang harus dipakai selama pertandingan adalah jersey, kaos kaki, penutup kepala (optional), dan sarung tangan bagi kiper.

Bola Keluar

Bola dinyatakan keluar atau out apabila keluar dari garis gawang atau misalnya ada pemain yang cedera dan wasit meminta agar bola dikeluarkan dari garis lapangan. Permainan bisa dilanjutkan kembali dengan melakukan throw in atau lemparan ke dalam.

Kick Off

Kick off dilakukan di awal pertandingan, ketika terjadi gol, awal babak kedua dan awal babak jika ada perpanjangan waktu.

Terciptanya Gol

Gol tercipta ketika bola dimasukkan ke gawang lawan dan tidak ada pelanggaran. Gol juga tercipta ketika ada penalti ataupun anggota tim yang memasukkan bola ke gawangnya sendiri (gol bunuh diri).

Tendangan Bebas

Tendangan bebas dilakukan di area tempat terjadinya pelanggaran, baik itu langsung ataupun tidak. Tendangan bebas langsung artinya tendangan yang diarahkan langsung ke kawang. Sedangkan tendangan tidak langsung adalah tendangan yang diarahkan ke pemain lainnya.

Offiside

Offside terjadi ketika pemain berada di wilayah lawan, namun tidak ada back atau pemain bertahan dan hanya berhadapan dengan penjaga gawang.

Leave a Comment