Pengertian Sistem Informasi Lengkap Dengan Komponen dan Contohnya

Apaitupengertian.com – Saat ini perkembangan teknologi sudah semakin pesat sehingga hal ini memberikan dampak yang cukup besar bagi umat manusia dalam segala bidang kehidupan. Salah satunya adalah perkembangan sistem informasi yang biasa digunakan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari. Bentuk atau bukti dari kemajuan sistem informasi sendiri adalah adanya sebuah database yang merupakan sumber informasi yang merujuk pada bidang tertentu.

Walupun sudah melekat dalam kehidupan sehari-hari, namun nyatanya masih banyak sekali orang yang belum memahami pengertian sistem informasi itu sendiri. Hal ini memang sangat wajar karena istilah informasi belum begitu umum, terlebih lagi bagi masyarakat awam.

Maka dari itu, dalam artikel ini kami akan mengulas secara lengkap mengenai pengertian sistem informasi beserta komponen dan contohnya sebagai referensi tambahan atau hanya untuk sekedar menambah wawasan anda. Pada intinya, adanya sistem informasi memang sangat dibutuhkan bagi suatu organisasi atau instansi tertentu, tetapi terkadang untuk urusan lain sesorang juga harus mengetahui pengertian sistem informasi. Nah, untuk lebih jelasnya mari langsung saja simak pengertian sistem informasi beserta komponen dan contoh-contohnya berikut ini :

Pengertian Sistem Informasi

Dalam istilah bahasa, sistem informasi bisa diartikan sebagai kumpulan orang atau beberapa orang yang saling bekerja sama dan secara terstruktur untuk dapat mencapai tujuan – tujuan tertentu.

Sedangkan pengertian dari informasi adalah sebuah data yang diolah supaya menjadi lebih berguna bagi orang lain dan akan lebih membantu dalam mengambil keputusan terhadap suatu masalah tertentu. Jadi, bisa disimpulkan bahwa sistem informasi ialah suatu sistem yang terdapat kumpulan informasi berdasarkan keterkaitan terhadap operasional suatu organisasi atau instansi dan biasa digunakan untuk pengambilan keputusan.

Bagi suatu organisasi atau instansi keberadaan sistem informasi ini sangatlah pentin. Setelah anda memahami pengertian dari sistem informasi maka bisa diambil kesimpulan bahwa suatu organisasi atau instansi membutuhkan adanya sistem informasi. Hal ini dikarenakan untuk menyediakan informasi-informasi tambahan dalam mengambil keputusan dan mendukung proses operasional harian sebuah organisasi.

Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli

Beberapa ahli telah menyampaikan pendapatnya mengenai pengertian sistem informasi, yakni sebagai berikut :

  • Menurut Alter, sistem informasi merupakan sistem sebagai bagian khusus dari sistem kerja pada saat manusia atau mesin melakukan pekerjaannya menggunakan sumber daya untuk dapat memproduksi barang atau jasa tertentu yang ditujukan untuk pelanggan atu pengguna.
  • Menurut Henry Lucas, sistem informasi adalah suatu kegiatan dari berbagai prosedur yang teroganisir. Apabila sistem tersebut dijalankan, maka akan tersedia informasi yang daat mendukung terwujudnya pengendalian atau pengambilan keputusan dalam suatu organisasi atau kelompok tertentu.
  • Menurut John F Nash, sistem informasi merupakan kombinasi dari beberapa manusia, alat teknologi atau fasilitas, media, pendalian dan prosedur dengan tujuan untuk menata jaringan komunikasi yang terstruktur, berkesinambungan, dan memiliki sebuah aturan yang baku. Tujuannya adalah untuk membantu pihak manajemen dalam mengambil keputusan yang terpat berdasarkan pada penggunaan data ekstern dan intern.
  • Menurut Robert A Leitch, pengertian sistem informasi adalah suatu sistem di salam sebuah organisasi yang menjadi sarana untuk mempertemukan kebutuhan transaksi harian dan hal yang mendukung operasi perusahaan, orang, atau organisasi. Hal ini memiliki sifat manajerial dengan kegiatan berupa penyediaan laporan-laporan yang dibutuhkan oleh pihak yang bersangkutan.

Komponen Sistem Informasi

Apabila anda sudah memahami pengertian dari sistem informasi, maka pembahasan berikutnya adalah penjelasan mengenai beberapa komponen yang ikut terlibat dalam suatu informasi tersebut. Komponen-komponen ini menjadi hal penting karena memiliki peran besar dalam sistem informasi selain user pastinya. Berikut ini adalah penjelasan dari beberapa komponen sistem informasi, yakni :

  1. Komponen Input

Dalam sebuah sistem informasi, komponen input memiliki arti sebagai suatu data yang masuk atau diinputkan ke dalam sistem. Setelah masuk komponen akan input kemudian akan diproses lagi untuk mengatasi setiap permasalahan yang dihadapai oleh para pengguna.

  1. Komponen Model

Setelah data pada komponen input memasuki sistem, maka langkah berikutnya yaitu diproses di komponen model. Proses ini akan melibatkan kombinasi prosedur, logika dan model matematika supaya output (keluaran) bisa sesuai dengan yang diinginkan.

  1. Komponen Output

Komponen output merupakan keluaran atau hasil informasi yang berkualitas sehingga bisa dijadikan dokumentasi untuk semua tingkatan manajemen dan untuk semua penggunaan sistem.

  1. Komponen Teknologi

Komponen teknologi berguna sebagai alat dan berada di semua alur sistem informasi seperti menerima input, menjalankan fungsi model, menyimpan dan mengakses data yang telah masuk serta menghasilkan output (keluaran) yang berkualitas.

  1. Komponen Basis Data

Dari data yang telah masuk atau diinputkan kemudian akan disimpan dalam suatu basis data atau komponen basis data. Komponen basis data adalah sekumpulan data yang dihubungkan oleh suatu software pengolah database.

  1. Komponen Kontrol

Sesuai dengan namanya komponen ini memiliki tugas untuk mengendalikan, tetapi hanya untuk mengendalikan jika ada gangguan terhadap sistem informasi anda.

Contoh Sistem Informasi

Sampai sekarang ini sistem informasi sudah banyak mengalami proses pengembangan sehingga dapat dibedakan menjadi 3 macam. Setiap jenis tersebut mempunyai peranan sendiri untuk organisasi ataupun instansi yang menggunakan. Berikut ini adalah jenis-jenis atau contoh sistem infomasi beserta pengertiannya masing-masing :

  1. Knowledge Work System

Sesuai  dengan namanya, Knowledge Work System ini merupakan jenis sistem informasi yang  memuat berbagai informasi terbaru tentang ilmu pengetahuan (knowledge). Ilmu pengetahuan yang dimuat berikutnya bisa diakses oleh semua penggunannya dan akan digunakan untuk mengatasi berbagai macam masalah.

  1. Transaction Pocessing System

Jenis sistem informasi yang satu ini biasanya digunakan pada organisasi atau instansi yang melakukan kegiatan / operasional tertentu secara rutin. Seperti misalnya melakukan transaksi keuangan, registrasi ulang secara berkala dan lain sebagainya. Semua kegiatan rutin tersebut biasa akan dicatat dalam suatu database yang sudah dikomputerisasi.

  1. Office Automation System

Sistem informasi Office Automation System ini memiliki tugas untuk menggabungkan beberapa peralatan IT dalam sebuah jaringan dan akan dipusatkan pada suatu server tertentu. Penggabungan peralatan IT dari semua anggota atau pekerja ini dilakukan karena memiliki tujuan untuk dapat mempermudah dan memberikan efisiensi dalam hal komunikasi.

Dengan mempelajari sistem informasi dan beberapa elemen penting diatas maka kami berharap anda semua dapat memahami dan mengerti istilah sistem informasi yang ada di kehidupan kita. Berbagai macam pengembangan dan peningkatan  akan dilakukan demi menunjang kebutuhan manusia, khususnya dalam ruang lingkup organisasi.

Apabila anda sudah memahami pengertian sistem informasi maka hal ini akan memberikan kemudahan dalam penggunaan atau bahkan pembuatan sistem informasi untuk organisasi anda. Berbagai macam permasalahan juga dapat diselesaikan dengan cepat apabila pemakaian sistem informasi bisa lebih dioptimalkan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai pengertian sistem informasi lengkap beserta komponen dan contohnya. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih sudah mengunjungi website kami.

Leave a Comment