Pengertian Teknologi: Sejarah Perkembangan Teknologi, Jenis, dan Contoh

Apaitupengertian.com – Seiring dengan zaman yang semakin modern, kehidupan umat manusia semakin tak terpisahkan dari yang namanya teknologi. Mulai dari yang sederhana hingga yang canggih sangat dekat dengan kehidupan kita. Tetapi apakah kita tahu betul apa itu teknologi? Dan bagaimana sejarah, perkembangan, manfaat dan contoh-contohnya?

Untuk menjawab semua pertanyaan itu, pada artikel ini akan dibahas secara tuntas pengertian teknologi. Berikut berbagai hal yang berkaitan dengan teknologi.

Pengertian Teknologi

Teknologi adalah segala keperluan dan sarana berbentuk aneka macam peralatan atau sistem yang bertujuan untuk memberikan kenyamanan maupun kemudahan bagi manusia.

Dilihat dari segi bahasa, Teknologi berasal dari bahasa Yunani ‘technologia’. Techno memiliki arti keahlian, sedangkan logia berarti pengetahuan. Awalnya teknologi terbatas pada benda-benda berwujud, seperti peralatan atau mesin.

Akan tetapi seiring berjalannya waktu teknologi mengalami perluasan mana. Sehingga tidak hanya pada benda berwujud saja, namun juga benda berwujud. Contohnya perangkat lunak, metode pembelajaran, bisnis atau pertanian dan lain sebagainya.

Definisi Teknologi Menurut Para Ahli

Ada beberapa ahli yang mengemukakan pendapat soal pengertian teknologi. Berikut beberapa pendapat ahli tentang apa itu teknologi.

  • M. Maryono

Teknologi adalah pengembangan dan penerapan berbagai peralatan atau sistem untuk menyelesaikan persoalan-persoalan yang dihadapi manusia dalam kehidupan sehari-hari.

  • Jacques Ellil

Menurut Jacquees Ellil, teknologi merupakan keseluruhan metode yang secara rasional mengarah dan mempunyai ciri efisiensi dalam setiap kegiatan manusia.

  • Gary J. Anglin

Gary J. Anglin mengemukakan pendapat bahwa teknologi adalah penerapan ilmu-ilmu perilaku dan alam serta pengetahuan lain secara bersistem dan mensistem untuk memecahkan masalah.

Di samping itu ada yang memiliki pendapat bahwa teknologi adalah suatu entitas benda atau bukan benda yang sengaja diciptakan secara terpadu melalui proses perbuatan, pemikiran untuk mencapai suatu nilai.

Berdasarkan beberapa pendapat di atas, bisa disimpulkan bahwa teknologi merupakan alat, mesin, cara, proses, kegiatan maupun gagasan yang dibuat untuk memudahkan aktivitas manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Manusia memakai teknologi di berbagai bidan. Mulai dari komunikasi, bisnis, manufaktur, transportasi, pembelajaran, pengamanan data dan lain sebagainya.

Karena cakupan teknologi luas, maka setiap orang punya pendapat tersendiri mengenai apa itu teknologi. Meski begitu pada intinya teknologi tidak hanya terbatas pada peralatan elektronik seperti gadget, lemari es, TV atau kendaraan saja, namun juga pada peralatan sederhana semisal kursi, gelas, meja dan lain sebagainya.

Sejarah Perkembangan Teknologi

Pada bab ini kita akan bahas secara singkat sejarah perkembangan teknologi. Perlu diketahui, perkembangan teknologi merupakan perubahan sistematis terhadap apa yang terjadi pada teknologi.

  • Pra-Sejarah

Pada zaman pra-sejarah, teknologi masih sangat sederhana. Umumnya terbuat ari batu, perunggu atau besi. Beberapa teknologi yang terkenal dari masa ini adalah pedang, kapak hingga bejana perunggu.

  • Zaman Kuno

Pada zaman ini teknologi lebih berkembang ke arah konstruksi, maritim, pertanian hingga alat tulis. Misalnya piramida, kapal, mercusuar hingga jam matahari.

  • Abad Pertengahan

Pada masa ini teknologi semakin modern. Ada berbagai penemuan besar yang lahir pada zaman ini. Seperti bidang astronomi, medis, matematika dan lain sebagainya.

  • Era Revolusi Industri

Pada era ini berbagai jenis mesin berhasil dibuat untuk menggantikan tenaga manusia. Masa ini menjadi cikal bakal perkembangan teknologi di masa sekarang. Contohnya mobil, telegraf, telepon, sepeda dan lain-lain.

  • Abad 20

Berbagai terobosan berhasil dibuat pada masa ini. Seperti pendaratan manusia pertama di bulan. Di samping itu manusia juga berhasil menciptakan bom atom, transistor yang menjadi cikal bakal komputer dan lain sebagainya.

  • Abad 21

Pada masa ini teknologi semakin canggih dan memudahkan umat manusia. Mulai dari rumah tangga, pendidikan dan lain sebagainya semakin tak terpisahkan dari teknologi.

Jenis Teknologi

Jenis Teknologi bermacam-macam. Setidaknya ada tujuh sektor yang dicakupi oleh teknologi. Antara lain:

  • Teknologi di Bidang Ekonomi

Kemajuan teknologi di bidang ini bisa berupa sistem keuangan yang dipakai. Jika sebelumnya harus memakai uang tunai, sekarang ada pembayaran non-tunai yang banyak sekali macamnya. Sistem jual beli zaman sekarang juga tidak mengharuskan orang bertemu secara langsung.

  • Teknologi Pangan

Sistem pertanian zaman sekarang juga lebih maju dari sebelumnya. Misalnya bagaimana sistem menanamnya hingga teknik menanam atau melakukan panen.

  • Teknologi Informasi

Di bidang informasi, manusia semakin dipermudah dengan adanya smartphone, TV, radio dan media-media lain untuk menggali suatu informasi. Selain itu hadirnya internet juga membuat segalanya menjadi lebih mudah.

  • Teknologi Komunikasi

Di bidang ini, manusia tak lagi harus bertatap muka untuk bisa saling berkomunikasi. Karena suda ada telepon, ponsel pintar atau internet yang bisa menghubungkan banyak orang.

  • Teknologi Transportasi

Berbagai alat transportai modern hadir di tengah kita untuk membuat perjalanan kita lebih nyaman, efektif dan juga efisien.

  • Teknologi Medis

Di dunia medis, berbagai terobosan dibuat untuk membuat pasien sembuh dari penyakitnya atau mencegah adanya wabah.

  • Teknologi Pendidikan

Media dalam dunia pendidikan kini tak terbatas pada papan tulis dan buku saja. Namun juga bisa media lain seperti komputer.

Contoh Teknologi

Di zaman sekarang kita bisa melihat berbagai teknologi modern. Mulai dari komputer, notebook, smartphone hingga smart watch. Tidak hanya itu, mesin, sepeda motor, mobil dan lain sebagainya juga termasuk teknologi. Selain itu ada juga Teknologi terbaru yang mungkin belum anda kenal sebelumnya, seperti:

  • Wigig adalah teknologi yang diproyeksikan menggantikan penggunaan Wifi
  • Matrix Power Watch dengan daya baterai yang dapat dicash dari panas tubuh
  • Invicible Car Mobil yang dapat mengubah warnanya sesuai lingkungan seperti bunglon.

Leave a Comment